Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah mempunyai tugas menyelenggarakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah.Tugas tersebut diuraikan sebagai berikut:

  • menyusun rencana strategis dan rencana kerja Badan;
  • memberikan petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  • mempelajari, menelaah peraturan pe run dang-undangan, keputusan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis program kegiatan badan sesuai dengan bidang tugas;
  • menyelenggarakan sistem pengendalian intern pelaksanaan kegiatan agar efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan;
  • menerapkan standar pelayanan minimal;
  • menyusun dan menerapkan standar prosedur operasional sesuai tugas bidang tugas;
  • menyelenggarakan pengelolaan kesekretariatan, meliputi perencanaan, evaluasi, pelaporan, keuangan, umum dan kepegawaian;
  • menyelenggarakan urusan penunjang pemerintahan dan pelayanan umum di bidang perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah
  • menyusun bahan kebijakan teknis di bidang penyusunan program dan pelaporan;
  • menyusun bahan kebijakan teknis di bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah;
  • menyusun bahan kebijakan teknis di bidang sosial budaya dan pemerintahan;
  • menyusun bahan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan;
  • menyusun bahan kebijakan teknis di bidang ekonomi;
  • menyusun dokumen perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan tahunan kota;
  • menyelenggarakan  kerjasama   di   bidang   perencanaan;
  • penelitian dan pengembangan daerah;
  • menyelenggarakan  koordinasi   di   bidang    perencanaan;
  • penelitian dan pengembangan daerah;
  • menyelenggarakan pengawasan dan pengendalian teknis urusan perencanaan penelitian dan pengembangan daerah;
  • menyusun indikator dan pengukuran kinerja di bidang perencanaan penelitian dan pengembangan daerah;
  • menyelenggarakan  sosialisasi    di   bidang   perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah;
  • menyusun laporan hasil pelaksanaan rencana strategis, rencana kerja, LKjlP, LKPJ, LPPD dan EKPPD Badan;
  • melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait;
  • menyelenggarakan pengelolaan unit pelaksana teknis pada Badan;
  • menyelenggarakan pembinaan kelompok jabatan fungsional;
  • menyelenggarakan  pembinaan   Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) badan;
  • melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait;
  • memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
  • memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan cc. melaksanakan tugas tambahan terkait yang diberikan oleh atasan.