Musrenbang Kota Surakarta 2013

Bappeda Kota Surakarta menyelenggarakan Musrenbangkot sebagai tahapan akhir Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Surakarta Tahun 2013 pada Sabtu, 23 Maret 2013. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Research & Development Solo Technopark (Lantai II) Jl. K.H. Dewantara, Kentingan, Jebres, Surakarta sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan Solo Technopark itu sendiri.

Proses Musrenbang diawali dari tingkat paling bawah hierarki pemerintahan, yaitu kelurahan dengan terlebih dahulu mengumpulkan usulkan kegiatan dari RT dan RW di masing-masing kelurahan melalui Musyawarah Lingkungan (Musling). Musrenbang Kelurahan selesai diselenggarakan pada tanggal 3 Februari 2013 dan segera disusul dengan penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan pada 17 Februari 2013.

Sementara itu SKPD juga mengadakan musyawarah dengan stakeholders masing-masing dalam Diskusi Kelompok Terbatas Tingkat Kota yang diselesaikan pada tanggal 21 Februari 2013. Pada tahap ini SKPD menjaring aspirasi dari stakeholders untuk diakomodir dalam Rencana Kerja mereka.

Usulan dari Kecamatan dan SKPD dipertemukan pada Forum SKPD yang diselenggarakan pada Selasa-Rabu, 5-6 Maret 2013, dimana pada kesempatan tersebut masyarakat dan SKPD bermusyawarah bersama untuk merumuskan kegiatan prioritas dan unggulan dari Renja masing-masing SKPD yang telah terlebih dahulu menampung usulan dari tiap-tiap Kecamatan dan stakeholders.

Pada Musrenbang Kota, kegiatan prioritas dan unggulan tersebut kemudian dipaparkan kembali untuk mendapatkan masukan tambahan dari masyarakat. Hasil Musrenbangkot selanjutnya akan dirumuskan oleh Tim Penyempurna Rumusan.

0 Comments

Leave a reply