Pendampingan UMKM Kota Surakarta melalui KKMB 2014

Salah satu upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan di Kota Surakarta dengan program secara terpadu lintas sektoral melalui pemberdayaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Kota Surakarta merupakan mediator/fasilitator UMKM yang akan mengakses permodalan ke Perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

Fungsi dan tanggungjawab KKMB Kota Surakarta adalah melakukan pembinaan (menumbuhkan dan memelihara) dan pengembangan terhadap UMKM. Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) diharapkan membangun suatu jembatan antara para Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan lembaga keuangan. Salah satu tugas KKMB yaitu untuk mempersiapkan UMKM agar lebih feasible dan bankable. Pengurus KKMB Kota Surakarta dibentuk berdasarkan SK Kepala Bappeda Kota Surakarta Nomor 050/103 Tanggal 17 Januari 2014.

Realisasi Kredit KKMB Kota Surakarta Tahun 2014 sebesar Rp.5.471.500.000,00- (Lima Miliyar Empat Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dengan rincian Bank sebanyak 26 UMKM dan Non Bank sejumlah 44 UMKM. Pendampingan pengurusan sertifikat tanah UMKM oleh pengurus KKMB (Konsultan Keuangan Mitra Bank) Kota Surakarta. Semua kegiatan KKMB Kota Surakarta mulai tahun 2015 difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. Laporan KKMB secara utuh dapat diunduh di sini.

0 Comments

Leave a reply